cara membersihkan dan mensteril sarung tangan

CARA MEMBERSIHKAN DAN MENSTERIL SARUNG TANGAN.

dr wadda A umar

Salah satu peralatan bekam yang harus disteril adalah sarung tangan. Perlu diketahui umumnya sarung tangan yang dijual di apotik atau toko peralatan kesehatan adalah sarung tangan yang tidak steril.  Sarung tangan ini biasanya dijual per box dimana satu box berisi 100 buah sarung tangan. Jadi, anggapan sebagian terapis bahwa sarung tangan yang dibeli sudah steril adalah tidak benar. Kecuali sarung tangan yang sudah terbungkus khusus yang harganya di atas Rp 10.000,- sepasang.  Memang sarung tangan yang dibeli sudah bersih, tetapi itu belum steril. Bersih berbeda dengan steril.

 

Karena sarung tangan yang kita beli umumnya tidak steril walaupun bersih, maka perlu disteril terlebih dulu, dengan cara:

  1. Cara pertama. Sarung tangan dimasukkan ke alat pensteril (otoklaf) yang disebut sterilisator, di bagian yang tidak panas. Lalu disteril sesuai petunjuk alat.
  2. Cara kedua. Sarung tangan dirapikan, dilipat, dan dimasukkan dalam gelas, atau tabung /toples tertentu, lalu ke dalam tabung dimasukkan tablet formal formalin (bisa dibeli di apotik). Setelah itu tabung atau gelas ditutup minimal 24 jam. Maka uap dari formalin akan mensteril sarung tangan.
  3. Dengan cairan alkohol. Cairan alkohol tidak bisa membunuh kuman yang berspora. Karena itu cairan alkohol tidak bisa dipakai untk mensteril sarung tangan yang sebelumnya tidak steril. Kecuali sarung tangan tersebut sebelumnya sudah steril baik dengan sterilisator, dengan cairan formalin, maupun sudah diseteril dari pabriknya. Caranya tidak dengan menyemprotkan, tetapi menyiram sarung tangan dengan alkohol secara merata hingga ke sela-sela sarung tangan yang melingkari jari.
  4. Membeli sarung tangan yang sudah steril. Sarung tangan yang sudah steril biasanya dibungkus memakai bungkusan tertentu, dimana setiap bungkus berisi satu pasang sarung tangan steril, yang masing-masing sarung tangan ada tulisannya “R” yang artinya right, atau kanan, yang dipakai untuk tangan kanan. Dan tulisan “L” yang artinya left, atau kiri, yang dipakai untuk tangan kiri. Apabila terbalik memakainya (misal sarung tangan yang untuk tangan kanan dipakai tangan kiri, atau sarung tangan yang untuk tangan kiri dipakai di tangan kanan),  maka sarung tangan tidak bisa masuk dengan sempurna. Selain itu di bungkus sarung tangan pasti ada tulisannya ” sterilized” yang artinya sarung tangan tersebut sudah disteril.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*